Sunday, January 4, 2015

Sparepart Bajaj Pulsar Tanpa Harga Eceran Tertinggi (HET)?

Selamat siang brosist!
Jumpa lagi bersama FYS yang kali ini akan membahas tentang isu bahwa sparetpart Bajaj pulsar tidak lagi ada Harga Eceran Tertinggi atau disingkat dengan HET.

Bener apa gak ini??
Hengkangnya BAI sebagai pemegang otoritas main dealer dan sparepart Bajaj di Indonesia tampaknya memberikan banyak dampak negatif bagi penyemplak Bajaj Pulsar di Indonesia. Ya perginya BAI yang langsung disertai dengan tutupnya beberapa Dealer di Nusantara membuat Pulsar Rider terutama di luar jabodetabek galau karena kebanyakan bingung harus service tunggangannya dimana?

Motor keren bingung mau sevice dimana euy -__- ??
Seiring waktu masalah service mulai teratasi karena beberapa bengkel independen yang digawangi ex mekanik Bajaj mulai buka dan muncul kepermukaan dan membantu Pulsar Rider dalam memelihara tunggangannya sebut saja Master Station di Kemayoran, The Pulsar di Depok, Genetic Shop di Cipondoh, dan masih banyak lagi. Selain itu TVS sebagai pabrikan sepeda motor yang sama-sama berasal dari India juga menunjukkan itikad baik dengan mempersilahkan bagi para Pulsar Rider yang ingin men-servis tunggangannya karena desain mesin varian Pulsar tertentu sedikit banyak mirip dengan desain TVS.

Mereka membantu masalah service :D
Masalah service mulai teratasi muncul lagi masalah baru yaitu isu yang beredar bahwa sparepart Pulsar saat ini tidak ada lagi HET-nya!
Isu ini mulai terbukti benar ketika FYS yang notabenenya memang Pulsar Rider juga membeli sparepart di salah satu bengkel rekanan daerah Tangerang. FYS yang saat itu membeli gearset untuk UG3 harus menebus dengan harga 300rb untuk merk vendor yaitu XLN padahal usut punya usut di Indipart (online shop sparepart pulsar) hanya membandrol gearset ini dengan harga 200rb! 
Alah maakkk tau gitu FYS beli di Indipart aja. Tapi udah kadung kebeli yaudah nikmati aja yang penting barang tersedia batin FYS.

Isu ini juga diperkuat dengan beberapa posting Norival Auto Part yaitu importir sparepart pengganti BAI di akun Facebooknya yang belakangan ini acap kali tidak mencantumkan harga sparepart dan mempersilahkan Pulsar Rider mengontak jaringan bengkel rekanan terdekat untuk konfirmasi berapa harga sparepart tsb (kecuali sedang promo pasti mencamtumkan). Isu ini tambah kuat ketika FYS mengkonfirmasi dugaan newbie kepada salah satu mekanik bengkel rekanan di daerah Tangerang juga mengenai isu yang namanya newbie samarkan sebut saja Mr. E.

FYS      : Mas apa benar isu bahwa sparepart sekarang sudah tidak ada HETnya lagi?
MR. E : Ia mas sekarang sudah tidak ada HETnya untuk sparepart karena HET itu merupakan fasilitas yang diberikan oleh BAI dulu dengan salah satunya mensubsidi biaya pendistribusian ke dealer-dealer sehingga tidak menambah biaya untuk harga jual dan bisa menetapkan HET. Sedangkan saat ini sudah tidak ada lagi BAI-nya jadi tidak ada yang subsidi lagi, jadi pasti akan ada perbedaan harga jual antar bengkel rekanan.

Jadi jelas sudah ternyata memang benar. Namun alasan yang dilontarkan cukup logis mengingat memang penambahan biaya yang salah satunya adalah biaya pendistribusian/ ongkir pasti menambah harga.

Sedikit saran dan trik dari FYS sekiranya brosist yang sedang membutuhkan sparepart untuk Bajaj Pulsar boleh di cari referensi harga dulu di Indipart atau Robimotor selaku toko online yang biasa mencantumkan harga, hal ini berguna sebagai pembanding. Jadi brosist bisa cari harga terbaik dipasaran dan gak merasa rugi karena selisih yang lumayan. SIP!!
Bisa cek harga disini Brosist !!
Sekian, monggo dikomentari brosist.


Source gambar :

No comments:

Post a Comment