Thursday, February 19, 2015

Sensor Temperatur Mesin P220 Rusak, Gas Jadi Tinggi dan Tidak Bisa Langsam?

Selamat pagi
Cerita berawal dari seorang teman FYS rider P220 yang merasa kalau ada yang salah dengan bukaan gasnya. Yup Throttle berasa kaya dijambak ketika mesin hidup dan gak mau turun, alhasil boro-boro langsam motor kaya ditahan gasnya pada RPM 4000 brosist!


Doi yang belum lama nyemplak P220 merasa bingung dan minta advice ke FYS dimana bisa atasi masalah ini. Awalnya FYS pikir vakum karbunya bermasalah, entah karetnya yang bolong atau piston vakumnya yang baret sehingga gasnya nyangkut. Langsung FYS kasih saran ke Mas Bambang (montir darurat karena bengkel rekanan jauh). Sedikit cerita meskipun bukan montir pulsar tulen tapi mas Bambang biasa menangani mobil serta beberapa moge dan selama ini masalah si Djagur bisa beliau atasi dengan baik meskipun dia mengaku blm pernah pegang pulsar sebelumnya. Jadi beliau adalah saran terbaik yang bisa FYS berikan kepada teman yang lagi bingung itu.

Seminggu kemudian teman calling lagi minta kontak dimana bisa cari sparepart pulsar, dan ternyata sektor karbu gak apa apa. Yang rusak itu cuma enggine temperature sensornya aja (patah) terangnya... Loh kok bisa??

sensor temperatur mesin 
Usut punya usut ini si Mas Bambang yang kasih tau, katanya ini motor (P220) ada sensor auto chookenya, nah sensor ini bersinergi dengan sensor temperatur mesin. Cara kerjanya ketika sensor temperatur mesin mendeteksi suhu mesin dingin, sensor autochooke langsung bereaksi memberikan impuls agar menaikan chooke secara otomatis agar suhu mesin cepat naik/ panas. Wuiih canggih juga nih pikir FYS. Jadi kalo sensor ini rusak sensor autochooke mendeteksi suhu mesin dingin terus dan akibatnya gas jadi tinggi mulu karena autochooke tersebut.

sensor auto chooke 
Last ini teman FYS lagi berburu sensor temperatur mesin, nah nanti kalo udah diganti dan berhasil (gas normal lagi) berarti analisanya montir darurat FYS tokcer hehe.

Monggo dikomentari



4 comments:

  1. nah punya ane posisinya tuh gk ky di pict tuh gan' masuk kedalem, tapi agak nonjol keluar.
    Anehnya rpm naik kala mesin udah panas, abis jalan terus brenti (udah jalan sekitar menit +- 15mnt) klo lg manasin masi fungsi normal tuh.
    kira2 ada ngaruh dr situ gk ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi gan, soalnya kalo kelangsaman motor biasa masalahnya gak jauh dari karburator, chooke dan bisa juga dari CDI. Untuk lebih jelasnya bisa dikonsultasikan ke mekanik bajaj kepercayaan agan.
      Semoga membantu

      Delete