Tuesday, February 10, 2015

Cairan Anti Bocor Ban Ada Masa Efektifnya Loh

Selamat pagi brosist
Pagi ini pas mau berangkat gawe FYS temukan ban belakang si Djagur (P180UG3) kempes. Loh kok bisa kan udah ada cairain anti bocornya? batin FYS.


Yaudah dengan sedikit positive thinking FYS menduga cuma kempes biasa aja karena kena ujan dan udara dingin jadi anginnya meluap. Kebetulan FYS pakai nitrogen untuk isi bannya supaya enteng.

Dengan mantap FYS berangkat dengan ban kempes, pas sampai tempat tambal ban di daerah BSD, FYS langsung minta petugas operator nitrogen isi ban depan belakang biar sip lagi tekanannya. Pas di isi ladalah ada bunyi mendesis di ban menandakan bannya emang positif bocor brosist.

Yaudah bagian ban yang bocor langsung FYS putar ke posisi paling bawah supaya cairan bisa isi sela-sela bagian yang bocor supaya nambal. Sip bunyi sudah hilang. Langsung saja FYS minta diisi lagi tekanannya dan taraaa bunyi lagi brosist. Duh kenapa nih batin FYS?.  Padahal dulu juga sempet kena paku dan begitu paku cabut dan ban diputar cairan otomatis langsung bekerja. Padahal kali ini bocornya juga gak gede, kok bisa ya.

Usut punya usut FYS teringat pesan dari teman FYS yang kerja di Gajah Tunggal (produsen ban IRC, Zeneos dll) kalau cairan anti bocor ini memang punya masa efektif yaitu 6 bulan, mungkin setelah 6 bulan masih bisa pakai cuma nambalnya lama kali ya. Saat itu FYS rada sangsi dan di antepin aja dah tuh udah mau setahun cairan bannya, setelah kejadian ini baru deh percaya. Yaudah sekarang bannya di tambal biasa aja deh supaya cepet bisa lanjut jalan ke tempat gawe.

Sori brosist gak sempet ambil gambar jadi nyomot dari si mbah aja hehe
So kesimpulan dan sarannya bagi brosist yang suka touring dan kondisi pakai anti bocor pada ban motor/ mobilnya segera deh kalo mau jalan jauh diganti cairannya setelah 6 bulan, supaya gak ada problem dijalan. Oya sebagai catatan FYS pakai merek M-One ukuran besar.

Monggo dikomentari

3 comments:

  1. saya pake m- one sampe ban botak masih aman. dulu pake yang buat ban yang ada ban dalamnya / ban jari2. jadi di dapet bonus karet ban dalam dan serbuk tambahan. nah serbuk tambahan ini yang mantep. hhee. jadi mampet. ini udah kedua kalinya pake. dulu bisa 4 paku nancep. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. ya sejauh yang ane tahu begitu gan dan info dari temen juga mendukung, cuma mungkin kondisi trek & jam terbang riding turut mempengaruhi performa dari cairan tsb.
    soalnya kondisi ban ane juga udah tinggal 20%an padahal baru mau setahun. cmiiw & imho.
    btw ada serbuk tambahan ya ternyata?

    ReplyDelete