Sunday, February 8, 2015

Jangan Anggap Remeh Sensor-sensor Yang Ada di Bajaj Pulsar-mu!

Selamat malam brosist
Siapa yang gak kenal Bajaj Pulsar? produk sepeda motor asal India ini memang seperti Underdognya motor Indonesia, awalnya disepelekan tapi akhirnya banyak yang lirik dan mengakui ketangguhan serta fiturnya yang ok punya.


Salah satu fitur remeh namun ternyata memegang peran vital adalah sensor. Sensor-sensor di Pulsar memang unik ada yang fungsinya sebagai pengatur lampu sign (baca : sein), sensor suhu, sensor aki, sensor standar samping, sensor kecepatan (udah biasa hehe), sensor bensin (udah biasa juga), sensor service (adanya di P200NS) dan yang terakhir sensor limiter CDI yang ada di Karburator yang fungsinya mengatur andil busi kanan dan busi kiri.

Nah FYS sendiri udah mencopot sensor lampu sign pada si Djagur (P180UG3) karena waktu itu rusak but still oke, si Djagur gak ada problem pas sensor ini dilepas.Terakhir secara gak sengaja dan gak tau sensor limiter CDI yang dikarburator hilang (bentuknya ada kabel dan magnet, yang hilang/ copot magnetnya). Awalnya gak ada pengaruh apa apa, sampai FYS rasakan konsumsi BBM si Djagur terasa sangat boros naik hingga 50% dan knalpot (udah di bobok) jadi nembak-nembak.

penampakan sensor magnet yang ilang. 
Udah berulang kali FYS setting karburator tapi gak pernah nemuin settingan yang pas. BBM masih boros dan knalpot masih nembak juga. Sampai akhirnya FYS engeh pas dikasih tau mekanik BMS yang di BSD kalo magnet sensor yang ada di karbu ilang dan fungsinya ternyata penting brosist! Yaitu mengatur andil dari busi kanan dan kiri jadi kalo gak salah yang kanan itu harusnya dominan pada rpm bawah dan yang kiri pada dominan pada rpm tinggi. Jadi kalo gak ada magnet ini diperkirakan salah satu busi bekerja gak normal!

Nah begitu engeh jangan-jangan ini yang bikin setingan acak-acakan selama ini. Yaudah FYS langsung berburu sensor berupa magnet ini namun gak nemu-nemu. Sampai akhirnya FYS nanya ke bro Robi Alamsyah owner dari Robimotor, menurut beliau sensornya bisa diganti pake magnet biasa tapi yang lemah.

bro Robi kasih solusi
Hmm agak susah bingung juga FYS cari magnet yang lemah dimana, akhirnya FYS nemu magnet bekas speaker jimbot punya adik FYS langsung aja FYS copot. Tapi terasa magnetnya masih kuat dan solusinya magnet sensor di standar samping FYS copot FYS ganti pake magnet bekas speaker jimbot dan magnet sensor standar samping FYS pake untuk di karbu. Alhasil taraaaaa....
Performa mesin kembali lagi sperti semula, konsumsi bensin balik lagi dan knalpot juga udah gak nembak nembak lagi. So kesimpulannya jangan sepelekan sensor-sensor itu brosist bisa fatal akibatnya.


Monggo dikomentari!

2 comments:

  1. part untuk magnet di karbu sudah ada di robimotor bro. coba aja kontek di 087881861942

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah ane order bro hari jumat. tinggal nunggu barangnya sampe hehe.

      Delete