Tuesday, November 18, 2014

ECO RIDING. Cara Hemat BBM Tanpa Ribet & Cara Bikers Bertanggung Jawab Pada Lingkungan

Yoo brosist semua!!
Kemarin baru aja pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM sebanyak masing-masing Rp. 2.000,- untuk solar & premium. Galau? Kesel? Marah? Jengkel? wkwk



Yaudah lah apapun alasannya BBM udah terlanjur naik dan pasti imbasnya ke kantong kita brosist! Trus gausah demo segala brosist atau bete berkepanjangan. Newbie punya tips nih bagaimana kita sebagai kawula muda bisa turut menghemat BBM (menghemat pengeluaran juga) dengan cara yang gak ribet, menjadikan aman/ nyaman berkendara & turut serta menjaga lingkungan kita brosist.



Betull ECO RIDING jawabannya!!
Sebetulnya konsep dari Eco Riding ini merupakan kendali atas cara berkendara kita diatas mobil maupun motor kita, cuma karena newbie baru punya sepeda motor saja, jadi bahasanya ya Eco Riding xixi. Adapaun buat brosist yang sudah punya mobil konsep dan caranya sama aja kok, cuma ganti aja jadi Eco Driving namanya. xixi.


Trus gimana caranya??
Eits sabar :D . Nih newbie kasih tahu caranya.. Disimak ya brosist!!

1. Membuka Throttle Gas Secara Perlahan
Yup ini dia teknik yang pertama. Sering kan brosist liat anak-anak sembalap yang suka kebut-kebutan di jalan betat-betot gas secara liar bahkan sampai itu motor standing bebas? wkwk
Nah usut punya usut kebiasaan betot gas itu ternyata membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros brosist!! Logika awamnya sih ketika kita tarik throttle gas dengan membetotnya maka bensin dari karburator/ injeksi mengalir deras ke mesin. Nah ini nih yang bikiin boros, maka pelan-pelan lah tarik gas supaya irit. Sip!!



2. Shifting Transmision Gear sebelum mesin sampai RPM tinggi
Shifting Gear atau bahasa Endonesanya (hehe) memindahkan gigi perlu di lakukan dengan cepat tanpa menunggu RPM yang tinggi atau mesin bergetar pada motor brosist supaya bensin bisa irit!! ya kira-kira pada RPM 4000 s/d 6000 lah. Alasannya apabila sering main di RPM tinggi konsumsi bensin jelas akan lebih boros brosist daripada yang suka alon-alon asal kelakon. hehe. OKE!!



3. Kontrol Rem
Dengan kontrol rem yang baik konsumsi bensin bisa ditekan. Biasakan brosist jaga jarak aman dengan kendaraan di depan supaya tidak mengerem mendadak. Logikanya kalo terlalu sering ngerem pasti brosist akan sering tarik gas, jadi pasti bensin juga boros brosist. Dengan jarang melakukan rem maka kampas rem juga akan lebih hemat loh. hehe



4. Berkendara dengan kecepatan stabil
Hal ini dilakukan agar kerja mesin tidak berat karena seringnya fluktuasi kecepatan sehingga pembakaran bisa lebih sempurna brosist. Biasakan berakselerasi dengan wajar!



5. Cek tekanan ban
Nah hal ini sepele sih namun signifikan. Kalo ban kempes pastinya motor juga jadi berat berakselerasi. Nah kalo berat kerja mesin juga jadi berat, akibatnya konsumsi bahan bakar juga jadi boros. So cek tekanan angin pada ban, kalo bisa pake nitrogen biar enteng hehe. (newbie udah pake)



6. Matikan mesin saat tidak diperlukan
Nah ini pasti brosist juga udah tau sebabnya. Kalo mesin hidup terus otomatis pembakaran akan terus berlangsung, hasilnya bensin terbuang percuma, selain itu kampas kopling juga akan cepat habis kalo kita sering menyalakan mesin tanpa dijalankan. Triknya matikan sejenak mesin saat lampu merah atau saat berhenti sejenak dimanapun!! Honda pun sudah memasangkan teknologi automatic engine stop pada salah satu produknya loh brosist!!


7. Biasakan berangkat aktifitas lebih awal
Hehe. kalo lebih awal maka gak buru-buru brosist. Kalo gak buru-buru berarti gak ngebut-ngebut. Kalo gak ngebut-ngebut berarti gak boros bensin. Xixi. Oke!!!



Oke itu dia trik dan tips berkendara ala ECO RIDING, manfaatnya :
- Irit bensin
- Irit kampas kopling
- Irit kampas rem
- Safety riding karena dalam Eco Riding gak kenal kata kebut-kebutan
- Efisiensi waktu


Sekian postingan newbie kali ini. Semoga bermanfaat Cheeers. Komennya juga boleh xixix

picture source :
http://thebeatlesite.blog.com/files/2010/07/Resize-of-gas-sfty-rid.jpg
https://segawonracingteam.files.wordpress.com/2011/05/cruiser_stoppie.jpg?w=510
http://www.examiner.com/images/blog/EXID28632/images/tirepressure.jpg
http://farm4.static.flickr.com/3503/3698954456_4c254fd99a.jpg
http://motorcycleinfo.org/wp-content/uploads/2010/06/kill-switch-engine-off-300x226.jpg
http://kfk.kompas.com/image/preview/SU1HXzc3NjAuanBn.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-BMW2vqkUVDE/UiS14fnbD0I/AAAAAAAAA7s/NMTpTAY5j4M/s1600/IMG20130901051.jpg

2 comments: