Monday, April 13, 2015

P200AS & CB150X Calon Pioneer MotoAdventure Kubikasi U-250cc di Indonesia?

Selamat siang brosist


Makin maraknya penghobi yang doyan bertualang dengan motor atau touring baik on road ataupun off road tampaknya belum membuat produsen motor tanah air tergerak hatinya untuk membuat motor dengan spek khusus untuk hal ini. Padahal masyarakat kelas menengah kebawah yang mempunyai hobi seperti ini sangat mendambakan hadirnya MotoAdventure atau Enduro Motorcycle dengan kubikasi mesin direntang 150cc – 250cc.

Memang Kawasaki sudah mengeluarkan D-Tracker untuk keperluan dual purpose supermoto, namun menurut FYS desain D-Tracker masih terlalu identik dengan motorcross, sehingga kurang banget lah kalo harus dibandingkan dengan desain BMW GS atau Kawasaki Versys dan motor enduro lainnya.

D-Tracker 150
Namun belakangan ini terdengar sayup-sayup yang menggembirakan yaitu setidaknya ada dua calon produk yang akan bermain di kelas ini. Kedua produk tersebut adalah P200AS dan CB150X.

Seperti yang kita tahu P200AS (Adventure Sport) adalah calon produk (belum direlease resmi) dari Bajaj, produsen motor dari India. P200AS mempunyai spesifikasi mesin sama plek dengan P200NS, namun yang membedakan dan yang membuat tampilan khas motor adventure adalah dari segi body terutama half fairing dan high extend winshieldnya. Motor ini diperkirakan akan masuk Indonesia melalui KMI, namun tampaknya KMI dalam beberapa tanya jawab dengan pewarta dan blogger belum memberi sinyal positif untuk memboyong produk ini dari India.

P200AS
Yang kedua adalah CB150X. Meskipun status produk ini masih berupa desain yang belum terealisasi, tampaknya potensinya sangat baik. Kenapa? Karena yang pertama CB150X merupakan produk Honda yang mempunyai nama baik di Indonesia, berbanding terbalik dengan nama Bajaj yang sudah terlanjur rusak. Haha. Kedua dengan kubikasi hanya 150cc akan sangat valueable sekali baik dari segi price maupun konsumsi bbm, dan harusnya 150cc sudah “cukup” untuk meladeni kebutuhan adventure konsumen menengah kebawah di Indonesia. FYS sendiri baru mendengar selentingan bahwa CB150X ini proyeknya tercium akan segera digarap digarap 2015 akhir atau 2016 mendatang akan segera digarap dengan basic Honda SFA. Wuihhh

CB150X Concept
Honda SFA Concept
Last, kita lihat saja nanti siapa yang duluan masuk ke Indonesia brosist. Yang jelas pasar ini sangat potensial. Hayoo mau pilih yang mana??

Monggo dikomentari

Pict Source

No comments:

Post a Comment