Selamat siang brosist!
Jumpa lagi bersama FYS yang kali ini akan
membahas tentang isu bahwa sparetpart Bajaj pulsar tidak lagi ada Harga Eceran
Tertinggi atau disingkat dengan HET.
Hengkangnya BAI sebagai pemegang otoritas
main dealer dan sparepart Bajaj di Indonesia tampaknya memberikan banyak dampak
negatif bagi penyemplak Bajaj Pulsar di Indonesia. Ya perginya BAI yang
langsung disertai dengan tutupnya beberapa Dealer di Nusantara membuat Pulsar
Rider terutama di luar jabodetabek galau karena kebanyakan bingung harus
service tunggangannya dimana?
Seiring waktu masalah service mulai
teratasi karena beberapa bengkel independen yang digawangi ex mekanik Bajaj
mulai buka dan muncul kepermukaan dan membantu Pulsar Rider dalam memelihara
tunggangannya sebut saja Master Station di Kemayoran, The Pulsar di Depok, Genetic Shop di Cipondoh, dan masih banyak lagi. Selain itu TVS sebagai pabrikan sepeda motor yang sama-sama
berasal dari India juga menunjukkan itikad baik dengan mempersilahkan bagi para
Pulsar Rider yang ingin men-servis tunggangannya karena desain mesin varian
Pulsar tertentu sedikit banyak mirip dengan desain TVS.
Masalah service mulai teratasi muncul lagi
masalah baru yaitu isu yang beredar bahwa sparepart Pulsar saat ini tidak ada
lagi HET-nya!
Isu ini mulai terbukti benar ketika FYS
yang notabenenya memang Pulsar Rider juga membeli sparepart di salah satu
bengkel rekanan daerah Tangerang. FYS yang saat itu membeli gearset untuk UG3
harus menebus dengan harga 300rb untuk merk vendor yaitu XLN padahal usut punya
usut di Indipart (online shop sparepart pulsar) hanya membandrol gearset ini
dengan harga 200rb!
Alah maakkk tau gitu FYS beli di Indipart
aja. Tapi udah kadung kebeli yaudah nikmati aja yang penting barang tersedia
batin FYS.
Isu ini juga diperkuat dengan beberapa
posting Norival Auto Part yaitu importir sparepart pengganti BAI di akun
Facebooknya yang belakangan ini acap kali tidak mencantumkan harga sparepart
dan mempersilahkan Pulsar Rider mengontak jaringan bengkel rekanan terdekat
untuk konfirmasi berapa harga sparepart tsb (kecuali sedang promo pasti
mencamtumkan). Isu ini tambah kuat ketika FYS mengkonfirmasi dugaan newbie
kepada salah satu mekanik bengkel rekanan di daerah Tangerang juga mengenai isu
yang namanya newbie samarkan sebut saja Mr. E.
FYS : Mas apa benar isu
bahwa sparepart sekarang sudah tidak ada HETnya lagi?
MR. E : Ia mas sekarang sudah tidak ada HETnya
untuk sparepart karena HET itu merupakan fasilitas yang diberikan oleh BAI dulu
dengan salah satunya mensubsidi biaya pendistribusian ke dealer-dealer sehingga
tidak menambah biaya untuk harga jual dan bisa menetapkan HET. Sedangkan saat
ini sudah tidak ada lagi BAI-nya jadi tidak ada yang subsidi lagi, jadi pasti
akan ada perbedaan harga jual antar bengkel rekanan.
Jadi jelas sudah ternyata memang benar.
Namun alasan yang dilontarkan cukup logis mengingat memang penambahan biaya
yang salah satunya adalah biaya pendistribusian/ ongkir pasti menambah harga.
Sedikit saran dan trik dari FYS sekiranya
brosist yang sedang membutuhkan sparepart untuk Bajaj Pulsar boleh di cari
referensi harga dulu di Indipart atau Robimotor selaku toko online yang biasa
mencantumkan harga, hal ini berguna sebagai pembanding. Jadi brosist bisa cari
harga terbaik dipasaran dan gak merasa rugi karena selisih yang lumayan. SIP!!
Sekian, monggo dikomentari brosist.
No comments:
Post a Comment