Selamat pagi
Cerita berawal dari
seorang teman FYS rider P220 yang merasa kalau ada yang salah dengan
bukaan gasnya. Yup Throttle berasa kaya dijambak ketika mesin
hidup dan gak mau turun, alhasil boro-boro langsam motor kaya ditahan
gasnya pada RPM 4000 brosist!
Doi yang belum lama
nyemplak P220 merasa bingung dan minta advice ke FYS
dimana bisa atasi masalah ini. Awalnya FYS pikir vakum karbunya
bermasalah, entah karetnya yang bolong atau piston vakumnya yang
baret sehingga gasnya nyangkut. Langsung FYS kasih saran ke Mas
Bambang (montir darurat karena bengkel rekanan jauh). Sedikit cerita
meskipun bukan montir pulsar tulen tapi mas Bambang biasa menangani
mobil serta beberapa moge dan selama ini masalah si Djagur bisa
beliau atasi dengan baik meskipun dia mengaku blm pernah pegang
pulsar sebelumnya. Jadi beliau adalah saran terbaik yang bisa FYS
berikan kepada teman yang lagi bingung itu.
Seminggu kemudian teman
calling lagi minta kontak dimana bisa cari sparepart pulsar, dan
ternyata sektor karbu gak apa apa. Yang rusak itu cuma enggine
temperature sensornya aja (patah) terangnya... Loh kok bisa??
![]() |
sensor temperatur mesin |
Usut punya usut ini si
Mas Bambang yang kasih tau, katanya ini motor (P220) ada sensor auto
chookenya, nah sensor ini bersinergi dengan sensor temperatur
mesin. Cara kerjanya ketika sensor temperatur mesin mendeteksi suhu
mesin dingin, sensor autochooke langsung bereaksi memberikan
impuls agar menaikan chooke secara otomatis agar suhu mesin
cepat naik/ panas. Wuiih canggih juga nih pikir FYS. Jadi kalo sensor
ini rusak sensor autochooke mendeteksi suhu mesin dingin terus
dan akibatnya gas jadi tinggi mulu karena autochooke tersebut.
![]() |
sensor auto chooke |
Last ini teman FYS lagi
berburu sensor temperatur mesin, nah nanti kalo udah diganti dan
berhasil (gas normal lagi) berarti analisanya montir darurat FYS
tokcer hehe.
Monggo dikomentari
nah punya ane posisinya tuh gk ky di pict tuh gan' masuk kedalem, tapi agak nonjol keluar.
ReplyDeleteAnehnya rpm naik kala mesin udah panas, abis jalan terus brenti (udah jalan sekitar menit +- 15mnt) klo lg manasin masi fungsi normal tuh.
kira2 ada ngaruh dr situ gk ya ?
Bisa jadi gan, soalnya kalo kelangsaman motor biasa masalahnya gak jauh dari karburator, chooke dan bisa juga dari CDI. Untuk lebih jelasnya bisa dikonsultasikan ke mekanik bajaj kepercayaan agan.
DeleteSemoga membantu